Tuesday 19 November 2019

JARINGAN TUMBUHAN


1.        Jaringan Meristem
Suatu jaringa dikatakan sebagai jaringan meristem kalau jaringan tersebut aktif membelah. Berdasarkan aasl-usulnya, jaringan meristem dikelompokkan menjadi :
a.         Meristem Primer
Jaringan meristematik yang berasal dari jaringan embrional. Terdapat di ujung akar dan batang. Sehingga mengakibatkan terjadinya pemanjangan (pertumbuhan primer).
b.        Meristem Sekunder
Jaringan ini berasal dari jaringan dewasa yang sudah terdiferensiasi. Jaringan ini mengakibatkan batang dan akar membesar kea rah samping (pertumbuhan sekunder). Contoh meristem sekunder adalah :
1.        Kambium
2.        Felogen
3.        Perikambium/Perisikel
4.        Parenkim Meristematik

2.        Jaringan Dewasa
a.         Epidermis
Jaringan yang ada pada permukaan terluar tumbuhan. Tersusun oleh sel-sel yang tersusun rapat sehingga sangat efektif sebagai pelindung. Selain sebagai pelindung, jaringan ini berfungsi sebagai tempat keluar-masuknya zat dan kelenjar.
b.        Vaskuler
Jaringan ini berperan dalam proses transportasi intravaskuler, terdiri atas dua berkas, yaitu :
1.        Berkas xylem
Jaringan penyusun          : Trakea, Trakeid, penyokong dan parenkim
Fungsi                             : Mengangkut air dan mineral
Catatan                                                                                          : Trakea dan Trakeid merupaka sel yang sudah mati, sering juga disebut pembuluh kayu
2.        Berkas floem
Jaringan Penyusun          : Tapis, sel pengiring, penyokong, dan parenkim
Fungsi                             : Mengangkut hasil fotosintesis
Catatan                                                                                          : Tapis merupaka sel hidup yang tidak punya inti sel, sehingga untuk aktivitasnya dibantu sel pengiring.
c.         Parenkim/Dasar
Disebut jaringan dasar atau pengisi karena berfungsi mengisi ruang-ruang kosong antar jaringan, sehingga memiliki modifikasi yang tinggi. Contohnya : Korteks, Endodermis, Empulur, Palisade, Spons.
d.        Penyokong
Jaringan yang berfungsi untuk menyokong atau menegakkan tumbuhan, terdiri dari tiga macam sel, yaitu :
1.             Kolenkim
Bentuk cenderung heksagonal, dengan penebalan dinding sel oleh selulosa dibagian sudut sel. Merupakan sel yang masih hidup. Menegakkan tumbuhan karena factor tekanan turgor.
3.        Sklerenkim
Bentuk cenderung serabut, dengan penebalan dinding sel yang merata oleh lignin. Merupakan sel mati. Memberikan daya renggang yang tinggi pada tumbuhan.
4.        Sklereid
Bentuk cenderung heksagonal dengan penebalan dinding sel yang merata oleh lignin. Merupakan sel mati. Dengan struktur seperti ini memberikan kekakuan dan kemampuan menahan tekanan yang tinggi pada sel sehingga sering juga disebut sel batu.  


No comments:

Post a Comment

Penilaian Harian Zat Aditif dan Adiktif

  A.    Pilihlah jawaban yang paling benar! 1.     Dalam suatu botol kemasan minuman tertuliskan bahwa komposisinya berupa air, fruktosa, ...