Wednesday 30 October 2019

KINEMATIKA GERAK LURUS (1)

1.        Pengertian Gerak
Gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan adalah titik titik yang ditentukan untuk mengamati gerak. Sebagai contoh, kereta bergerak meninggalkan satasiun, tetapi penumpangnya diam terhadap kereta. Stasiun merupakan titik acuan gerak kereta, sedangkan kereta merupakan titik acuan gerak penumpangnya.

Titik-titik berurutan yang ditempuh oleh suatu benda bergerak disebut lintasan. Jika lintasan benda bergerak berupa garis lurus, maka dikatakan benda melaksanakan gerak lurus. Ilmu yang mempelajari gerak tanpa memperhatikan penyebabnya disebut Kinematika.

2.        Jarak dan Perpindahan
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda. Perpindahan adalah perubahan posisi atau kedudukan suatu benda dihitung dari kedudukan awal benda tersebut. Jarak merupakan besaran scalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran vector.
Contoh :
1.      Sebuah benda bergerak dari titik A ke titik B dan berhenti di titik C seperti ditunjukkan pada gambar. Tentukan : gbr
a.       Jarak tempuh benda
b.      Besar dan arah perpindahan








Jawab
a.       13 satuan
b.      5 satuan (arah sumbu x positif)

2.      Perhatikan gambar di bawah ini!

Sebuah benda bergerak dari P menuju Q.  kemudian berbalik arah dan berhenti di titik R.
a.       Jarak tempuh benda
b.      Besar dan arah perpindahan benda
Jawab
a.       11 satuan
b.      5 satuan (x negative)

3.        Laju dan Kecepatan
Laju merupakan besaran skalar, dan kecepatan merupakan besaran vector. Laju suatu benda adalah tetap jika dalam selang waktu yang sama benda menempuh jarak yang sama tanpa memperhatikan arah gerak. Sedangkan kecepatan suatu benda tetap jika dalam selang waktu yang sama benda berpindah dengan besar dan arah perpindahan sama.
a.       Laju Rata-Rata dan Kecepatan Rata-Rata
Laju rata-rata dalam suatu selang waktu tertentu sama dengan hasil bagi antara jarak yang ditempuh dan selang waktu. Secara matematis
Kecepatan rata-rata dalam selang waktu tertentu sama dengan hasil bagi antara perpindahan dan selang waktu. Secara matematis :

x1 : posisi pada saat t1
x2 : posisi pada saat t2
: selang waktu


b.      Kecepatan Sesaat


Kecepatan sesaat adalah nilai limit kecepatan rata-rata ketika selang waktu mendekati nol. Dari grafik di samping, yang menyatakan hubungan antara kedudukan benda (x) dan waktu (t), kecepatan rata-rata ditentukan sebagai berikut :

Untuk selang waktu ∆t sangat kecil (), kecepatan rata-rata untuk selang waktu tersebut mendekati nilai kecepatan pada saat t = t1. Secara matematis, kecepatan sesaat :
Contoh soal
1.      Sebuah mobil bergerak lurus 30 m ke barat dalam waktu 70 sekon dan kemudian 20 m ke timur dalam waktu 30 sekon. Tentukan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata mobil tersebut!

2.      Seoarang pelari berlari ke utara sejauh 50m dalam selang waktu 10 sekon, kemudia berbalik arah dengan berjalan pelan ke selatan sejauh 25m dalam waktu 15 sekon. Tentukan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata orang tersebut!

c.       Kecepatan Relatif

Kecepatan relative benda 2 terhadap benda 1 adalah kecepatan benda 2 terhadap benda 1. Misalkan dua buah mobil bergerak seperti ditunjukkan pada gambar di samping.
Kecepatan mobil kedua terhadap mobil pertama dinyatakan dengan
v1 = kecepatan mobil pertama terhadap tittik acuan
v2 = kecepatan mobil kedua terhadap titik acuan

Perjanjian
1)      Jika v1 dan v2 searah, maka v1 dan v2 bertanda positif
2)      Jika v1 dan v2 berlawanan arah, maka v1 bertanda negatif dan v2 bertanda positif
3)      Jika v21 positif, kecepatan relative menjauhi titik acuan
4)      Jika v21 negatif, kecepatan relative mendekati titik acuan

Contoh soal
1.      Sebuah kereta api bergerak meninggalkan stasiun dengan kecepatan 40 km/jam. Seorang penumpang berjalan dalam kereta dengan kecepatan 5 km/jam relative terhadap kereta api. Tentukan besar kecepatan relative penumpang terhadap stasiun jika
a.       Penumpang berjalan searah kereta api
b.      Penumpang berjalan berlawanan arah kereta api

2.      Sebuah mobil sedan bergerak lurus dengan kecepatan 60 km/jam dan sebuah sepeda motor bergerak lurus dengan kecepatan 40 km/jam. Tentukan besar kecepatan relative mobil sedan terhadap sepeda motor jika
a.       Keduanya bergerak searah
b.      Keduanya bergerak berlawanan arah

4.        Pecepatan Rata-Rata dan Percepatan Sesaat
Percepatan adalah perubahan kecepatan tiap satuan waktu. Suatu benda dikatakan bergerak dengan percepatan tetap bila perubahan kecepatannya selalu sama dalam selang waktu yang sama.
Secara matematis, percepatan rata-rata dirumuskan sebagai berikut

Dengan v1 = kecepatan saat t1
v2 = kecepatan saat t2


dari grafik hubungan kecepatan (v) dengan waktu (t) percepatan rata-rata dapat ditentukan sebagai berikut :

gbr
jika ∆t mendekati nol (), maka percepatan rata-rata dalam selang wakytu ∆t mendekati nilai percepatan sesaat pada saat t1. Secara matematis percepatan sesaat dirumuskan sebagai :
Contoh soal
1.      Sebuah benda mula-mula bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Jika dalam selang waktu 5 sekon kecepatannnya berubah menjadi 25 m/s, berapakah percepatan rata-rata benda tersebut?
2.      Sebuah mobil mula-mula bergerak dengan kecepatan 40 m/s, kemudian dilakukan pengereman, dalam waktu 10 sekon kecepatannya menjadi 10 m/s. tentukan percepatan mobil tersebut?
Jawaban

No comments:

Post a Comment

Penilaian Harian Zat Aditif dan Adiktif

  A.    Pilihlah jawaban yang paling benar! 1.     Dalam suatu botol kemasan minuman tertuliskan bahwa komposisinya berupa air, fruktosa, ...