Wednesday 30 September 2020

RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

(KD 3.1 dan 4.1)

Sekolah                  : SMPN ………

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester    : VII / Satu

Alokasi Waktu        : 3 x 40 menit

Materi Pokok        : Teks Deskripsi

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui model Discovery Learning, peserta didik dapat:

1.      Mengidentifikasi informasi teks deskripsi objek tempat wisata yang didengar dan dibaca.

2.      Menjelaskan isi teks deskripsi objek tepat wisata yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual.

KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pertemuan 1)

Kegiatan/

sintaks

Deskripsi Kegiatan

PPK

LITERASI HOTS

Waktu

(menit)

PENDAHULUAN

1.       Mengucapkan salam, berdoa, mengecek kebersihan kelas dan presensi peserta didik.

2.       Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

3.       Menyampaikan KD dan  Tujuan Pembelajaran.

Religiusitas

 

Nasionalis

10

KEGIATAN INTI

 

 

100

Sintaks 1

Pemberian Rangsang

(stimulation)

1.      Peserta didik menyaksikan tayangan gambar keindahan alam Raja Ampat.

2.       Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menggali pengalaman mereka berkaitan dengan tayangan yang ditonton.

3.        Peserta didik merespon pertanyaan-pertanyaan membangun konteks berkaitan dengan tayangan.  

Integritas

HOTS

Mandiri

 

Sintaks 2

Identifikasi

Masalah

(problem statement)

1.      Peserta didik membaca teks deskripsi tentang keindahan alam yang dibagikan pendidik.

2.      Peserta didik secara berkelompok menyusun pertanyaan terkait dengan teks deskripsi.

3.       Secara berkelompok peserta didik menerima lembar format daftar informasi teks deskripsi yang dibaca

4.      Pendidik melakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik.

Literasi

HOTS

Sintaks 3

Pengumpulan

Data        ( data Collection)

1.      Peserta didik mendata informasi sesuai dengan isi teks.

2.       Peserta didik mengklasifikasi berdasarkan data sesuai dengan isi teks.

3.      Peserta didik mengidentifikasi hasil yang sudah diklasifikasi sesuai dengan isi teks.

HOTS

Sintaks 4

Pengolahan Data(Data Processing)

Peserta didik secara berkelompok:

a. Mendiskusikan data klasifikasi data, dan identifikasi     .    informasi sesuai dengan isi teks.

b. Membaca dan membandingkan dua teks deskripsi.

c. Peserta didik menyimpulkan isi dua teks deskripsi.

d. Membaca teks yang dibagikan pendidik.

e. Menentukan hal-hal penting yang terdapat dalam teks.

f. Mengembangkan atau menuliskan teks sesuai dengan .    .   hasil identifikasi pada karton manila..

g. Hasil kerja dipajang pada papan pajang.

Gotong royong

Sintaks 5

Pembuktian

(Verification)

1.      Peserta didik melakukan kunjung kerja ke kelompok lain;

2.        Kelompok yang dikunjungi melakukan presentasi dan memberikan penjelasan;

3.       Peserta didik yang bertugas mempresentasikan memberikan penjelasan-penjelasan beserta alasan logis untuk membuktikan kebenaran. 

4.       Peserta didik yang berkunjung menuliskan catatan-catatan di kertas post it berupa penilaian, tanggapan, atau masukan terhadap hasil kerja kelompok lain dan menempelkannya pada plano hasil kerja kelompok tersebut.

5.        Setiap kelompok menempelkan hasil diskusi pada tempat pajangan yang disediakan.

HOTS

Sintaks 6

Penarikan Simpulan

(Generalization)

1.      Peserta didik mengungkapkan kembali tentang informasi yang terdapat dalam teks yang dibaca.

2.      Peserta didik menuliskan simpulan isi dua teks di “kartu simpul” yang telah disiapkan pendidik mengenai isi informasi yang telah diindetifikasi melalui kegiatan mendengarkan dan membaca.

3.        Peserta didik menempelkan kartu simpul yang telah diisi pada kertas plano yang akan dipajangkan di dinding kelas.

4.      Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama menyimpulkan isi teks deskripsi dan dikuatkan pendidik.

5.       Peserta didik mengerjakan soal penilaian.   

HOTS

 

PENUTUP

1.       Menyanyikan lagu nasional, berdoa dan mengucap salam.

 

10

PENILAIAN

1.       Penilaian Sikap: melalui pengamatan selama KBM berlangsung.

2.       Penilaian Pengetahuan: tes tertulis

3.       Penilaian Keterampilan:

 

 

, ..................................2020

Mengetahui,

Kepala .......                                                                   Guru Mata Pelajaran

SMPN .......

 

 

 

No comments:

Post a Comment

Penilaian Harian Zat Aditif dan Adiktif

  A.    Pilihlah jawaban yang paling benar! 1.     Dalam suatu botol kemasan minuman tertuliskan bahwa komposisinya berupa air, fruktosa, ...