Monday, 4 November 2019

KURIKULUM ABAD 21


Assalamu’alaikum wr. wb. Kali ini mimin akan mencoba membahas mengenai dinamika yang terjadi di bangsa kita, bangsa Indonesia. Dulu kita mengenal kurikulum KTSP, lalu berubah menjadi KBK, dan sekarang yang sedang dikembangkan adalah kurikulum 2013. Sebelum kita bahas lebih mendalam mengenai kurikulum 2013 (K-13), mimin ada beberapa kata  yang mimin ambil dari Al Qur’an ;

“Allah Tidak Akan Mengubah Nasib Seseorang Jika Orang Tersebut Tidak Mau Mengubahnya”

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Umar bin Khatab:

Apabila kamu merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan itu akan kekal.

 Dan sekiranya kamu bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang, dan dosa yang kamu lakukan akan kekal
.”

Kebijakan Kurikulum
1.             Kurikulum 2013 diperbaiki tahun 2016 pada bagian KI-KD. Kurikulum 2013tersebut saat ini merupakan kurikulum yang berlaku secara nasional. Belum ada kebijakan kurikulum baru pada saat ini, tetapi penguatan implementasi kurikulummelalui Gerakan Literasi Nasional, PPK, dan penguatan pembelajaran serta penilaian oleh satuan pendidikan

Kecakapan abad 21 yang dikembangkan melalui kurikulum 2013
1.        Kualitas Karakter, Bagaimana menghadapi lingkungan yang terus berubah.
a.      Iman & taqwa
b.      Cinta tanah air Rasa ingin tahu Inisiatif
c.       Gigih
d.      Kemampuan beradaptasi
e.       Kepemimpinan
f.       Kesadaran sosial dan budaya

2.       Kompetensi, Bagaimana mengatasi tantangan yang kompleks.
a.      Berpikir kritis/memecahkan masalah
b.      Kreativitas
c.       Komunikasi
d.      Kolaborasi

3.       Literasi Dasar, Bagaimana menerapkan keterampilan inti untuk kegiatan sehari-hari.
a.      Literasi Bahasa dan Sastra
b.      Literasi Numeracy (Berhitung)
c.       Literasi Sains
d.      Literasi Digitall
e.       Literasi Keuangan
f.       Literasi Budaya dan Kewarganegaraan

Ketiga hal diatas dapat dicapai melalui intrakurikuler dan kokurikuler, ekstrakurikuler dan budaya sekolah didukung dengan bahan ajar dalam bentuk fisik dan digital, serta sarana dan prasarana.
Arti Pendidikan
“Pendidikan adalah daya-upaya untuk memajukan bertumbuhnya Budi pekerti(kekuatan batin, karakter), Pikiran (intelek) dan Tubuh anak, dalam rangka kesempurnaan hidup dan keselarasan dengan dunianya” (Ki Hajar Dewantara)

Taksonomi Bloom
Taksonomi Anderson
Taksonomi Dyers
Mengingat
Mengingat
Mengamati
Mengaplikasikan
Memahami
Mempertanyakan
Menganalisis
Mengaplikasikan
Eksperimentasi
Mensintesis
Mengevaluasi
Mengasosiasi
Mengevaluasi
Mencipta
Jaringan kerja

Kurikulum  2013
Keterampilan
Pengetahuan
-
Mengetahui
-
Memahami
Mengamati
Mengaplikasikan
Mempertanyakan
Menganalisis
Eksperimentasi
Mengevaluasi
Mengasosiasi
Mencipta


Kerangka Pengembangan Kurikulum 2013 berbasis Kompetensi

·      SKL
·      Standar isi & standar penilaian
·      Standar proses
Struktur mata pelajaran
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Silabus
RPP

Kerangka pengembangan kurikulum kompetensi abad 21
Kemampuan Belajar dan Berinovasi
Literasi
Digital
Kecakapan Hidup
·      Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah
·      Kreativitas dan Inovasi
·      Komunikasi
·      Kolaborasi
·      Literasi Informasi
·      Literasi Media
·      Literasi Teknologi
·      Fleksibilitas dan Adaptabilitas
·      Inisiatif dan Mandiri
·      Interaksi Lintas Sosial-Budaya
·      Produktivitas dan Akuntabilitas
·      Kepemimpinan dan TanggungJawab

Karakter
Ketaqwaan/religius, cinta tanah air, toleran, menghormati keberagaman, jujur, adil, empati, penyayang, rasa hormat, kesederhanaan, pengampun, rendah hati, integritas, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, berani, peduli dll.





No comments:

Post a Comment

GETARAN - IPA KELAS 8 SEMESTER GENAP

Apakah Bunyi itu? Bagaimana manusia dapat mendengar? Proses mendengar merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan oleh adanya “Getaran” da...