Monday, 28 October 2019

KOMPONEN RPP


LANDASAN PENGEMBANGAN RPP
1.        PP No.19/2005 tentang SNP pasal 20 :  Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
2.        Permendiknas No.22/2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah:
a.         Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
b.         RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.
c.         Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun  RPP secara lengkap dan sistematis

PENGERTIAN
a.         RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
b.        RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih.

PRINSIP PENYUSUNAN RPP
a.         Perbedaan individual
b.        Partisipasi aktif peserta didik
c.         Berpusat pada peserta didik
d.        Pengembangan  budaya  membaca  dan  menulis
e.         Pemberian umpan balik dan tindak lanjut
f.         Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan
g.        Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya
h.        Penerapan teknologi informasi dan komunikasi


KOMPONEN RPP
a.         Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.        Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.         Kelas/semester;
d.        Materi pokok;
e.         Alokasi waktu   
f.         Tujuan  pembelajaran
g.        Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
h.        Materi pembelajaran
i.          Metode pembelajaran
j.          Media pembelajaran
k.        Sumber belajar
l.          Langkah-langkah
m.      Penilaian hasil pembelajaran

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENYUSUNAN RPP
1.        RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
2.        Tujuan pembelajaran  menggambarkan proses dan hasil belajar yang  harus dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
3.        Tujuan pembelajaran dapat mencakupi sejumlah indikator, atau satu tujuan pembelajaran untuk beberapa indikator, yang penting tujuan pembelajaran harus mengacu pada pencapaian indikator.
4.        Kegiatan pembelajaran (langkah-langkah pembelajaran) dibuat setiap pertemuan, bila dalam satu RPP terdapat 3 kali pertemuan, maka dalam RPP tersebut terdapat 3 langkah pembelajaran.
5.        Bila terdapat lebih dari satu pertemuan untuk indikator yang sama, tidak perlu dibuatkan langkah kegiatan yang lengkap untuk setiap pertemuannya.





No comments:

Post a Comment

GETARAN - IPA KELAS 8 SEMESTER GENAP

Apakah Bunyi itu? Bagaimana manusia dapat mendengar? Proses mendengar merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan oleh adanya “Getaran” da...