RPP
yang memuat komponen sesuai dengan Permendikbud No. 103 tahun 2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester
:
Alokasi
Waktu :
A.
Kompetensi
Inti (KI)
B.
Kompetensi
Dasar/KD
1.
KD
pada KI-1 (khusus untuk mapel Agama dan PPKn)
2.
KD
pada KI-2 (khusus untuk mapel Agama dan PPKn)
3.
KD
pada KI-3
4.
KD
pada KI-4
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi/IPK
1.
Indikator
KD pada KI-1
2.
Indikator
KD pada KI-2
3.
Indikator
KD pada KI-3
4.
Indikator
KD pada KI-4
D.
Materi
Pembelajaran (**)
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama: (...JP)
a.
Kegiatan
Pendahuluan
b.
Kegiatan
Inti (***)
c.
Kegiatan
Penutup
2.
Pertemuan
Kedua: (...JP)
a.
Kegiatan
Pendahuluan
b.
Kegiatan
Inti (***)
c.
Kegiatan
Penutup
3.
Pertemuan
seterusnya.
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
penilaian
2.
Instrumen
penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
seterusnya
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran
remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
2.
Bahan
3.
Sumber
Belajar
RPP
yang memuat komponen sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester
:
Materi
Pokok :
Alokasi Waktu
:
A.
Tujuan
Pembelajaran (*)
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C.
Materi
Pembelajaran (**)
D.
Metode
Pembelajaran (***)
E.
Media
Pembelajaran
F.
Sumber
Belajar
G.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan
2.
Kegiatan
Inti
3.
Kegiatan
Penutup
H.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester
:
Materi
Pokok :
Alokasi Waktu
:
A.
Kompetensi
Inti/KI
B.
Kompetensi
Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
KD
pada KI 1
|
(
khusus Guruan Agama dan PPKn)
|
KD
pada KI 2
|
(
Khusus Guruan Agama dan PPKn)
|
KD
pada KI 3
|
…
|
KD
pada KI 4
|
…
|
C.
Tujuan
Pembelajaran (*)
D.
Materi
Pembelajaran (**)
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran (***)
F.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
G.
Sumber
Belajar
H.
Langkah
– Langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama : (….JP)
1.
Kegiatan
Pendahuluan
2.
Kegiatan
Inti
3.
Kegiatan
Penutup
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Pertemuan 1 (jika diperlukan)
2.
Instrumen
Penilaian Pertemuan 1
3.
Materi
Pembelajaran Pertemuan 2 (jika diperlukan)
4.
Instrumen
Penilaian Pertemuan 2
Dan seterusnya
tergantung banyaknya pertemuan.
Keterangan :
·
(*)
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan.
·
(**) Materi
pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian
kompetensi (dalam hal ini metakognitif tidak termasuk materi pembelajaran,
metakognitif berkaitan dengan strategi belajar yang dilakukan oleh siswa,
bagaimana siswa menemukan strategi untuk mempelajari materi fakta, konsep,
maupun prosedur dengan membuat jembatan keledai, peta konsep, ringkasan
bergamar, dll yang Ia susun sendiri untuk memudahkan mereka memahami materi.
Keterampilan demikian perlu dilatihkan agar tidak hanya sebagai pengetahuan
tentang strategi saja akan tetapi lebih kepada penerapan strategi hingga
menjadi strategi otomatis pada diri siswa.
·
(***) Disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD yang akan
dicapai, pada bagian ini berkaitan dengan penggunaan pendekatan, strategi,
model, dan metode pembelajaran.
No comments:
Post a Comment