Penilaian pengetahuan
adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa yang meliputi
pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir
tingkat rendah hingga tinggi (Ditjen Dikdasmen, 2015). Penilaian pengetahuan
dilakukan untuk mengetahui apakah siswa telah mencapai KBM/KKM,
mengidentifikasi kelemahan, kekuatan penguasaan pengetahuan (diagnostic), dan digunakan memberi umpan
balik (feedback) kepada siswa dan
guru untuk perbaikan mutu pembelajaran secara terus menerus.
Instrumen penilaian
pengetahuan yang standar dapat dikembangkan guru dengan mengikuti
langkah-langkah berikut ini:
(1) Menentukan tujuan tes,
(2) Menentukan kompetensi yang
akan diujikan,
(3) Menentukan materi yang
diujikan,
(4) Menetapkan penyebaran butir
soal berdasarkan kompetensi, materi, dan bentuk penilaiannya (tes tertulis:
bentuk pilihan ganda, uraian; dan tes praktik),
(5) Menyusun kisi-kisinya,
(6) Menulis butir soal,
(7) Memvalidasi butir soal atau
menelaah secara kualitatif,
(8) Merakit soal menjadi
perangkat tes,
(9) Menyusun pedoman
penskorannya
(10) Uji coba butir soal,
(11) Analisis butir soal secara
kuantitatif dari data empirik hasil uji coba, dan
(12) Perbaikan soal berdasarkan
hasil analisis.
Berikut ini uraian langkah-langkah dalam mengembangkan instrumen
penilaian:
a. Menentukan Tujuan Tes
Langkah pertama yang
dilakukan adalah menetapkan tujuan penilaian, apakah untuk mengetahui capaian
pembelajaran ataukah untuk memperbaiki proses pembelajaran, atau untuk
kedua-duanya. Tujuan penilaian harian (PH) berbeda dengan tujuan penilaian
tengah semester (PTS), dan tujuan penilaian akhir semester (PAS). Penilaian
harian biasanya diselenggarakan untuk mengetahui capaian pembelajaran atau
memperbaiki proses pembelajaran, sedangkan PTS dan PAS umumnya untuk mengetahui
capaian pembelajaran.
b. Menentukan Kompetensi yang Akan Diukur
Ketika merumuskan indikator
soal dalam mengembangkan kisi-kisi butir soal, kita perlu menentukan kompetensi
(perilaku) yang tepat sesuai dengan ranah dan tingkat kompetensinya. Dalam
menentukan perilaku yang akan diukur, penulis soal dapat mengambil atau
memperhatikan jenis perilaku yang telah dikembangkan oleh para ahli pendidikan.
Jenis perilaku untuk ranah kognitif yang dikembangkan Benjamin S. Bloom adalah:
1) Ingatan di antaranya
seperti: menyebutkan, menentukan, menunjukkan, mengingat kembali,
mendefinisikan;
2) Pemahaman di antaranya
seperti:membedakan, mengubah, memberi contoh, memperkirakan, mengambil kesimpulan;
3) Penerapan di antaranya seperti: menggunakan,
menerapkan;
4) Analisis di antaranya
seperti: membandingkan, mengklasifikasikan, mengkategorikan, menganalisis;
5) Sintesis antaranya seperti:
menghubungkan, mengembangkan, mengorganisasikan, menyusun;
6)
Evaluasi di antaranya seperti: menafsirkan, menilai, memutuskan
Jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz
adalah:
1) Ingatan,
2) Analisis,
3) Perbandingan,
4) Penyimpulan,
5) Evaluasi.
1) Keterampilan memusat (focusing skills), seperti:
mendefinisikan, merumuskan tujuan,
2) Keterampilan mengumpulkan
informasi, seperti: mengamati, merumuskan pertanyaan,
3) Keterampilan mengingat,
seperti: merekam, mengingat,
4) Keterampilan
mengorganisasi, seperti: membandingkan, mengelompokkan, menata/mengurutkan,
menyajikan;
5) Keterampilan menganalisis,
seperti mengenali: sifat dari komponen, hubungan dan pola, ide pokok,
kesalahan;
6) Keterampilan menghasilkan
keterampilan baru, seperti: menyimpulkan, memprediksi, mengupas atau mengurai;
7) Keterampilan memadu (integrating skills), seperti: meringkas,
menyusun kembali;
8) Keterampilan menilai,
seperti: menetapkan kriteria, membenarkan pembuktian.
Jenis perilaku yang dikembangkan Robert
M. Gagne adalah:
1) Kemampuan intelektual:
diskriminasi, identifikasi/konsep yang nyata, klasifikasi, demonstrasi,
generalisasi/menghasilkan sesuatu;
2) Strategi kognitif: menghasilkan suatu pemecahan;
3) Informasi verbal: menyatakan sesuatu secara
oral;
4) Keterampilan motorist melaksanakan/menjalankan
sesuatu;
5) Sikap: kemampuan untuk memilih sesuatu.
Keterampilan berpikir yang
dikembangkan Linn dan Gronlund adalah
seperti berikut.
1) Membandingkan
‐
Apa
persamaan dan perbedaan antara ... dan...
‐
Bandingkan
dua cara berikut tentang ....
2) Hubungan sebab-akibat
‐
Apa
penyebab utama ...
‐
Apa
akibat …
3) Memberi alasan (justifying)
‐
Manakah
pilihan berikut yang kamu pilih, mengapa?
‐
Jelaskan
mengapa kamu setuju/tidak setuju dengan pernyataan tentang
4) Meringkas
‐
Tuliskan
pernyataan penting yang termasuk ...
‐
Ringkaslah
dengan tepat isi …
5) Menyimpulkan
‐
Susunlah
beberapa kesimpulan yang berasal dari data ....
‐
Tulislah
sebuah pernyataan yang dapat menjelaskan peristiwa berikut ...
6) Berpendapat (inferring)
‐
Berdasarkan
..., apa yang akan terjadi bila
‐
Apa
reaksi A terhadap …
7) Mengelompokkan
‐
Kelompokkan
hal berikut berdasarkan ....
‐
Apakah
hal berikut memiliki ...
8) Menciptakan
‐
Tuliskan
beberapa cara sesuai dengan ide Anda tentang ....
‐
Lengkapilah
cerita ... tentang apa yang akan terjadi bila ....
9) Menerapkan
‐
Selesaikan
hal berikut dengan menggunakan kaidah ....
‐
Tuliskan
... dengan menggunakan pedoman....
10) Analisis
‐
Manakah
penulisan yang salah pada paragraf ....
‐
Daftar
dan beri alasan singkat tentang ciri utama ....
11) Sintesis
‐
Tuliskan
satu rencana untuk pembuktian ...
‐
Tuliskan
sebuah laporan ...
12) Evaluasi
‐
Apakah
kelebihan dan kelemahan ....
‐
Berdasarkan
kriteria ..., tuliskanlah evaluasi tentang...
c.
Penentuan dan Penyebaran Soal
Sebelum
menyusun kisi-kisi dan butir soal perlu ditentukan jumlah soal setiap
kompetensi dasar dan penyebaran soalnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan
contoh rencana penilaian akhir semester berikut ini.
Tabel 3.
Contoh penyebaran butir soal untuk penilaian akhir semester ganjil
|
|
|
|
Kompetensi
|
|
|
|
|
Jumlah soal tes
|
|
Jumlah
|
|
||
|
No
|
|
|
|
|
Materi
|
|
|
tulis
|
|
soal
|
|
||
|
|
|
Dasar
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
PG
|
|
Uraian
|
|
Praktik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
1
|
|
3.1
............
|
|
|
...........
|
|
6
|
|
--
|
--
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
|
4.1
............
|
|
|
...........
|
|
3
|
|
1
|
--
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
3.3
............
|
|
|
...........
|
|
4
|
|
--
|
1
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
4.3
............
|
|
|
...........
|
|
5
|
|
1
|
--
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
|
3.5
............
|
|
|
...........
|
|
8
|
|
1
|
--
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6
|
|
4.5
............
|
|
|
...........
|
|
6
|
|
--
|
1
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7
|
|
3.6
...........
|
|
|
...........
|
|
--
|
|
2
|
--
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
8
|
|
4.6
..........
|
|
|
...........
|
|
8
|
|
--
|
--
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
Jumlah
soal
|
|
|
40
|
|
5
|
2
|
|
d. Penyusunan
Kisi-kisi
Kisi-kisi merupakan spesifikasi
yang memuat kriteria soal yang akan ditulis yang meliputi antara lain KD yang
akan diukur, materi, indikator soal, bentuk soal, dan jumlah soal. Kisi-kisi
disusun untuk memastikan butir-butir soal mewakili apa yang seharusnya diukur
secara proporsional. Pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dengan
kecakapan berfikir tingkat rendah hingga tinggi akan terwakili secara memadai.
Kisi-kisi (test blue-print atau table of specification) merupakan
deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi
adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis
soal.Kisi-kisi dapat berbentuk format atau matriks seperti contoh berikut ini.
|
|
|
|
|
FORMAT
KISI-KISI PENULISAN SOAL
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
Jenis sekolah
|
|
: ………………………
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Jumlah soal
|
|
: ………………………
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Mata pelajaran
|
|
: ………………………
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Bentuk soal/tes
|
|
: ................................
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Kurikulum
|
|
: ………………………
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Penyusun
|
|
: ......…………………
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Alokasi waktu
|
|
: ………………………
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
Tabel 4.
Kisi-kisi penulisan soal
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
|
Kompetensi
|
|
Materi
|
|
Level
|
Indikator
|
|
Bentuk Soal
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Dasar
|
|
|
Koginitif
|
soal
|
|
|
Soal
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
|
4
|
5
|
6
|
|
7
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Isi pada kolom 2, 3. dan 5
adalah harus sesuai dengan pernyataan yang ada di dalam silabus/kurikulum.
Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini.
1. Kisi-kisi harus dapat
mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara tepat
dan proporsional.
2. Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan
mudah dipahami.
3. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan
soalnya.
e.
Perumusan Indikator Soal
Indikator dalam kisi-kisi
merupakan pedoman dalam merumuskan soal yang dikehendaki. Kegiatan perumusan
indikator soal merupakan bagian dari kegiatan penyusunan kisi-kisi. Untuk
merumuskan indikator dengan tepat, guru harus memperhatikan materi yang akan
diujikan, indikator pembelajaran, kompetensi dasar, dan standar kompetensi.
Indikator yang baik dirumuskan secara singkat dan jelas. Syarat indikator yang
baik adalah:
1. Menggunakan kata kerja operasional (perilaku
khusus) yang tepat,
2. Menggunakan satu kata kerja
operasional untuk soal objektif, dan satu atau lebih kata kerja operasional
untuk soal uraian/tes perbuatan,
3. Dapat dibuatkan soal atau pengecohnya (untuk
soal pilihan ganda).
4. Penulisan indikator yang
lengkap mencakup A = audience
(peserta didik) , B = behaviour
(perilaku yang harus ditampilkan), C = condition
(kondisi yang diberikan), dan D = degree
(tingkatan yang diharapkan). Ada dua model penulisan indikator. Model pertama
adalah menempatkan kondisinya di awal kalimat. Model pertama ini digunakan
untuk soal yang disertai dengan dasar pernyataan (stimulus), misalnya berupa
sebuah kalimat, paragraf, gambar, denah, grafik, kasus, atau lainnya, sedangkan
model yang kedua adalah menempatkan peserta didik dan perilaku yang harus
ditampilkan di awal kalimat. Model yang kedua ini digunakan untuk soal yang
tidak disertai dengan dasar pertanyaan (stimulus).
f.
Penyusunan Butir Soal Tes Tertulis
Setiap butir soal yang
ditulis harus berdasarkan rumusan indikator soal yang sudah disusun dalam
kisi-kisi dan berdasarkan kaidah penulisan soal bentuk obyektif dan kaidah
penulisan soal uraian. Penggunaan bentuk soal yang tepat dalam tes tertulis,
sangat tergantung pada perilaku/kompetensi yang akan diukur. Beberapa
kompetensi di mata pelajaran IPA lebih tepat diukur/ditanyakan dengan
menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal uraian, ada pula beberapa
kompetensi yang lebih tepat diukur dengan menggunakan tes tertulis dengan
bentuk soal objektif.
Bentuk tes tertulis pilihan
ganda maupun uraian memiliki kelebihan dan kelemahan satu sama lain. Keunggulan
soal bentuk pilihan ganda, di antaranya dapat mengukur kemampuan/perilaku
secara objektif. Adapun keuntungan soal uraian adalah dapat mengukur kemampuan
mengorganisasikan gagasan dan menyatakan jawabannya menurut kata-kata atau
kalimat sendiri. Salah satu kelemahan dalam pembuatan soal bentuk pilihan ganda
adalah sulit dalam menyusun pengecohnya. Adapun salah satu kelemahan dalam
penyusunan soal uraian adalah sulit menyusun pedoman penskorannya.
Menulis soal bentuk uraian
diperlukan ketepatan dan kelengkapan dalam merumuskannya. Ketepatan yang
dimaksud adalah bahwa materi yang ditanyakan tepat diujikan dengan bentuk
uraian, yaitu menuntut peserta didik untuk mengorganisasikan gagasan dengan
cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan secara tertulis dengan
menggunakan kata-katanya sendiri. Adapun kelengkapan yang dimaksud adalah
kelengkapan perilaku yang diukur yang digunakan untuk menetapkan aspek yang
dinilai dalam pedoman penskorannya. Hal yang paling sulit dalam penulisan soal
bentuk uraian adalah menyusun pedoman penskorannya. Penulis soal harus dapat
merumuskan setepat-tepatnya pedoman penskorannya karena kelemahan bentuk soal
uraian terletak pada tingkat subyektivitas penskorannya.
Berdasarkan metode
penskorannya, bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2, yaitu uraian objektif
dan uraian non-objektif.
a. Bentuk uraian objektif
adalah suatu soal atau pertanyaan yang menuntut sehimpunan jawaban dengan pengertian/konsep
tertentu, sehingga penskorannya dapat dilakukan secara objektif. Artinya
perilaku yang diukur dapat diskor secara dikotomus (benar - salah atau 1 - 0).
b. Bentuk uraian non-objektif
adalah suatu soal yang menuntut sehimpunan jawaban dengan pengertian/konsep
menurut pendapat masing-masing peserta didik, sehingga penskorannya sukar untuk
dilakukan secara objektif. Untuk mengurangi tingkat kesubjektifan dalam
pemberian skor ini, maka dalam menentukan perilaku yang diukur dibuatkan skala.
Contoh misalnya perilaku yang diukur adalah "kesesuaian isi dengan
tuntutan pertanyaan", maka skala yang disusun disesuaikan dengan tingkatan
kemampuan peserta didik yang akan diuji.
Agar soal yang disusun
bermutu baik, maka penulis soal harus memperhatikan kaidah penulisannya. Untuk
memudahkan pengelolaan, perbaikan, dan pengembangan soal, maka soal ditulis di
dalam format kartu soal Setiap satu soal dan pedoman penskorannya ditulis di
dalam satu format. Contoh format soal bentuk uraian dan format penskorannya
adalah seperti berikut ini.
Bentuk soalnya
terdiri dari: (1) dasar pertanyaan atau stimulus jika diperlukan, (2)
pertanyaan, dan (3) pedoman penskoran.
Kaidah penulisan soal uraian seperti berikut.
1) Materi
a. Soal harus sesuai dengan indikator.
b. Setiap pertanyaan harus diberikan batasan
jawaban yang diharapkan.
c. Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan
tujuan pengukuran.
d. Materi yang ditanyakan
harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.
2) Konstruksi
a. Menggunakan kata tanya/perintah yang menuntut
jawaban terurai.
b. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan
soal.
c. Setiap soal harus ada pedoman penskorannya.
d. Tabel, gambar, grafik,
peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas, terbaca, dan berfungsi.
3) Bahasa
a. Rumusan kalimat soal harus komunikatif.
b. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
(baku).
c. Tidak menimbulkan penafsiran ganda.
d. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku
setempat/tabu.
e.
Tidak mengandung kata/ungkapan yang menyinggung perasaan peserta didik.
Menulis soal bentuk pilihan
ganda sangat diperlukan keterampilan dan ketelitian. Hal yang paling sulit
dilakukan dalam menulis soal bentuk pilihan ganda adalah menuliskan
pengecohnya. Pengecoh yang baik adalah pengecoh yang tingkat kerumitan atau
tingkat kesederhanaan, serta panjang-pendeknya relatif sama dengan kunci jawaban.
Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam penulisan soal bentuk pilihan ganda,
maka dalam penulisannya perlu mengikuti langkah-langkah berikut, langkah
pertama adalah menuliskan pokok soalnya, langkah kedua menuliskan kunci
jawabannya, langkah ketiga menuliskan pengecohnya.
Untuk memudahkan
pengelolaan, perbaikan, dan perkembangan soal, maka soal ditulis di dalam
format kartu soal. Setiap satu soal ditulis di dalam satu format. Adapun
formatnya seperti berikut ini.
|
|
|
KARTU SOAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
Jenis Sekolah
|
:
……………………………….
|
|
Penyusun
|
: 1.
|
|
|
||||||
|
Mata Pelajaran
|
:
……………………………….
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
||||
|
Bahan Kls/Smt
|
:
……………………………….
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
||||
|
Bentuk Soal
|
:
……………………………….
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
Tahun Ajaran
|
:
……………………………….
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
Aspek yang diukur
|
:
……………………………….
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
|
BUKU
SUMBER
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
DASAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUMUSAN BUTIR SOAL
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
SOAL:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MATERI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KUNCI :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INDIKATOR
SOAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN SOAL
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
NO
|
DIGUNAKAN
|
TANGGAL
|
JUMLAH
|
TK
|
DP
|
PROPORSI
PEMILIH
|
KET.
|
||||||
|
UNTUK
|
|
SISWA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
OMT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soal bentuk
pilihan ganda merupakan soal yang telah disediakan pilihan jawabannya. Peserta
didik yang mengerjakan soal hanya memilih satu jawaban yang benar dari pilihan
jawaban yang disediakan. Soalnya mencakup: (1) dasar pertanyaan/stimulus (bila
ada), (2) pokok soal (stem), (3) pilihan jawaban yang terdiri atas: kunci
jawaban dan pengecoh.
Kaidah penulisan soal pilihan ganda adalah seperti berikut ini.
1)
Materi
a. Soal harus sesuai dengan
indikator. Artinya soal harus menanyakan perilaku dan materi yang hendak diukur
sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi.
b. Pengecoh harus bertungsi.
c. Setiap soal harus mempunyai
satu jawaban yang benar. Artinya, satu soal hanya mempunyai satu kunci jawaban.
2)
Konstruksi
a. Pokok soal harus dirumuskan
secara jelas dan tegas. Artinya, kemampuan/materi yang hendak diukur/ditanyakan
harus jelas, tidak menimbulkan pengertian atau penafsiran yang berbeda dari
yang dimaksudkan penulis. Setiap butir soal hanya mengandung satu
persoalan/gagasan.
b. Rumusan pokok soal dan
pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. Artinya
apabila terdapat rumusan atau pernyataan yang sebetulnya tidak diperlukan, maka
rumusan atau pernyataan itu dihilangkan saja.
c. Pokok soal jangan memberi
petunjuk ke arah jawaban yang benar. Artinya, pada pokok soal jangan sampai
terdapat kata, kelompok kata, atau ungkapan yang dapat memberikan petunjuk ke
arah jawaban yang benar.
d. Pokok soal jangan
mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. Artinya, pada pokok soal
jangan sampai terdapat dua kata atau lebih yang mengandung arti negatif. Hal
ini untuk mencegah terjadinya kesalahan penafsiran peserta didik terhadap arti
pernyataan yang dimaksud. Untuk keterampilan bahasa, penggunaan negatif ganda
diperbolehkan bila aspek yang akan diukur justru pengertian tentang negatif
ganda itu sendiri.
e. Pilihan jawaban harus
homogen dan logis ditinjau dari segi materi. Artinya, semua pilihan jawaban
harus berasal dari materi yang sama seperti yang ditanyakan oleh pokok soal,
penulisannya harus setara, dan semua pilihan jawaban harus berfungsi.
f. Panjang rumusan pilihan
jawaban harus relatif sama. Kaidah ini diperlukan karena adanya kecenderungan
peserta didik memilih jawaban yang paling panjang karena seringkali jawaban
yang lebih panjang itu lebih lengkap dan merupakan kunci jawaban.
g. Pilihan jawaban jangan
mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah" atau
"Semua pilihan jawaban di atas benar". Artinya dengan adanya pilihan
jawaban seperti ini, maka secara materi pilihan jawaban berkurang satu karena
pernyataan itu bukan merupakan materi yang ditanyakan dan pernyataan itu
menjadi tidak homogen.
h. Pilihan jawaban yang
berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya
nilai angka atau kronologis. Artinya pilihan jawaban yang berbentuk angka harus
disusun dari nilai angka paling kecil berurutan sampai nilai angka yang paling
besar, dan sebaliknya. Demikian juga pilihan jawaban yang menunjukkan waktu
harus disusun secara kronologis. Penyusunan secara unit dimaksudkan untuk
memudahkan peserta didik melihat pilihan jawaban.
i.
Gambar, grafik, tabel, diagram, wacana, dan sejenisnya yang terdapat
pada soal harus jelas dan berfungsi. Artinya, apa saja yang menyertai suatu
soal yang ditanyakan harus jelas, terbaca, dapat dimengerti oleh peserta didik.
Apabila soal bisa dijawab tanpa melihat gambar, grafik, tabel atau sejenisnya
yang terdapat pada soal, berarti gambar, grafik, atau tabel itu tidak
berfungsi.
j.
Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
k. Butir soal jangan
bergantung pada jawaban soal sebelumnya. Ketergantungan pada soal sebelumnya
menyebabkan peserta didik yang tidak dapat menjawab benar soal pertama tidak
akan dapat menjawab benar soal berikutnya.
3)
Bahasa/budaya
a. Setiap soal harus
menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kaidah bahasa
Indonesia dalam penulisan soal di antaranya meliputi:
(a) pemakaian kalimat: (1)
unsur subyek, (2) unsur predikat, (3) anak kalimat;
(b) pemakaian kata: (1) pilihan kata, (2) penulisan kata,
dan
(c)
pemakaian ejaan: (1)
penulisan huruf, (2) penggunaan tanda baca.
b. Bahasa yang digunakan harus
komunikatif, sehingga pernyataannya mudah dimengerti warga belajar/peserta
didik.
c. Pilihan jawaban jangan yang
mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian. Letakkan
kata/frase pada pokok soal.
No comments:
Post a Comment