Mata Pelajaran
: Biologi
Satuan Pendidikan :
SMA
……
Kelas / Semester
: XI / Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran
: 2017/ 2018
Komptensi Inti :
KI-1
: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
SMT
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Menjelaskan
komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung
dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan mikroskopik struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit
terkecil kehidupan
3.2 Menganalisis
berbagai bioproses dalam sel yang meliputi mekanisme transpor membran,
reproduksi, dan sistesis protein
4.2 Membuat
model tentang bioproses yang terjadi dalam sel berdasarkan studi literature
dan percobaan
|
9
JP
|
1
|
3.3 Menganalisis
keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ
pada tumbuhan
|
9
JP
|
4.3 Menyajikan
data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada tumbuhan
|
||
1
|
3.4 Menganalisis
keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada
hewan
|
6 JP
|
4.4 Menyajikan
data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada hewan
|
||
1
|
3.5 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
gerak manusia
|
9 JP
|
4.5 Menyajikan
karya tentang pemanfaatan teknologi dalam mengatasi gangguan sistem gerak
melalui studi literatur
|
||
1
|
3.6 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
sirkulasi manusia
|
12 JP
|
4.6 Menyajikan
karya tulis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung,
pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem sirkulasi manusia serta
kaitannya dengan teknologi melalui studi literatur
|
||
1
|
3.7 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam
kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi
pada sistem pencernaan manusia
|
9 JP
|
4.7 Menyajikan
laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan
makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi
pengolahan pangan dan keamanan pangan
|
Bandar Lampung, Juli 2018
Kepala ….. Guru Ma. Pel.
Dibawah
ini mimin lampirkan hal-hal yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran
No comments:
Post a Comment