Friday, 18 October 2019

ANALISIS KI-KD

Baiklah teman-teman,kali ini mimin akan berbagi informasi sedikit terutama yang berhubungan dunia pendidikan. Disini akan dibahas mengenai analisis KD (kompetensi dasar). Sebelumnya kita bahas dahulu mengenai :
Substansi Perbaikan Dokumen Kurikulum 2013

Permasalahan
Perbaikan
·      Isu keselarasan antara KI-KD dengan silabus dan buku.
·      Kompleksitas pembelajaran dan penilaian pada Sikap Spiritual dan Sikap Sosial.
·      Pembatasan kemampuan siswa melalui pemenggalan taksonomi proses berpikir antar jenjang (berpikir tingkat tinggi hanya untuk jenjang menengah).
·      Penerapan proses berpikir 5M sebagai metode pembelajaran yang bersifat prosedural dan mekanistik
·        Koherensi KI-KD dan penyelarasan dokumen.
·        Penataan kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada semua mata pelajaran.
·        Penataan kompetensi yang tidak dibatasi oleh pemenggalan taksonomi proses berpikir (berpikir tingkat tinggi sejak SD).

·        Pemberian ruang kreatif kepada guru dalam mengimplementasikan kurikulum.

Analisis KI-KD
Pentingnya analisis KI-KD
a.   Ukuran ketercapaian SKL dilakukan melalui KI, ukuran ketercapaian KI dilakukan melalui KD, sedangkan ukuran ketercapaikan KD dilakukan melalui IPK.
b.   Ketepatan dalam merumuskan IPK akan mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran dan ketepatan pemilihan alat penilaian.

Komponen analisis KI-KD

SKL
KI
KD
IPK
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Rencana Penilaian
1
2
3
4
5
6
7

Penentuan IPK dan materi Pokok
 KD  →  Materi Pokok
   ↓
 IPK  →  Pengetahuan/Keterampilan 
   ↓
Materi Belajar
Contoh analisis KD Bahasa Indonesia
3.3  Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
3.3.1   Menjelaskan definesteks eksplanasi.
3.3.2   Mengidentifikasi ciri-ciri teks eksposisi
3.3.3   Menentukaan Langkah-langkah menyusun teks eksplanasi
3.3.4   Menentukan isi teks eksplanasi

4.3    Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
4.3.1   Menulis kembali informasi dari teks eksplanasi yang dibaca

Contoh analisis KD Fisika
3.3  Menerapkan  prinsip  penjumlahan  vektor sebidang
3.3.1   Mengidentifikasi besaran fisika yang merupakan besaran  vector
3.3.2   Menafsirkan resultan vector
3.3.3   Menggunakan  prinsip penjumlahan vektor dalam menyelesaikan masalahFisika

4.3  Merancang  percobaan  untuk  menentukan resultan vektor sebidang beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
4.3.1   Merancang  langkah kerja untuk menentukan resultan vector
4.3.2   Melalukan percobaan untuk membuktikan formula resultan vektor

Kata kerja Operasional


No comments:

Post a Comment

GETARAN - IPA KELAS 8 SEMESTER GENAP

Apakah Bunyi itu? Bagaimana manusia dapat mendengar? Proses mendengar merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan oleh adanya “Getaran” da...