Baiklah
teman-teman,kali ini mimin akan berbagi informasi sedikit terutama yang
berhubungan dunia pendidikan. Disini akan dibahas mengenai analisis KD
(kompetensi dasar). Sebelumnya kita bahas dahulu mengenai :
Substansi Perbaikan
Dokumen Kurikulum 2013
Permasalahan
|
Perbaikan
|
· Isu keselarasan antara
KI-KD dengan silabus dan buku.
· Kompleksitas pembelajaran
dan penilaian pada Sikap Spiritual dan Sikap Sosial.
· Pembatasan kemampuan siswa melalui pemenggalan
taksonomi proses berpikir antar jenjang (berpikir tingkat tinggi hanya untuk
jenjang menengah).
· Penerapan proses berpikir 5M sebagai metode pembelajaran
yang bersifat prosedural dan mekanistik
|
· Koherensi KI-KD
dan penyelarasan dokumen.
· Penataan kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada semua mata
pelajaran.
· Penataan kompetensi yang tidak dibatasi oleh
pemenggalan taksonomi proses berpikir (berpikir tingkat tinggi sejak SD).
· Pemberian ruang kreatif kepada guru dalam
mengimplementasikan kurikulum.
|
Analisis KI-KD
Pentingnya analisis
KI-KD
a.
Ukuran ketercapaian SKL dilakukan
melalui KI, ukuran ketercapaian KI dilakukan
melalui KD, sedangkan ukuran ketercapaikan KD dilakukan
melalui IPK.
b.
Ketepatan dalam merumuskan IPK akan
mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran dan ketepatan
pemilihan alat penilaian.
Komponen analisis
KI-KD
SKL
|
KI
|
KD
|
IPK
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Rencana
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Penentuan IPK dan
materi Pokok
KD →
Materi Pokok
↓
IPK
→ Pengetahuan/Keterampilan
↓
Materi Belajar
Contoh analisis KD
Bahasa Indonesia
3.3 Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis
3.3.1
Menjelaskan definesi teks eksplanasi.
3.3.2
Mengidentifikasi
ciri-ciri teks eksposisi
3.3.3
Menentukaan Langkah-langkah menyusun
teks eksplanasi
3.3.4
Menentukan isi teks
eksplanasi
4.3
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan
urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
4.3.1
Menulis kembali informasi dari teks
eksplanasi yang dibaca
Contoh analisis KD
Fisika
3.3 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor
sebidang
3.3.1
Mengidentifikasi
besaran fisika yang merupakan besaran vector
3.3.2
Menafsirkan resultan vector
3.3.3
Menggunakan prinsip
penjumlahan vektor dalam menyelesaikan masalahFisika
4.3
Merancang percobaan untuk menentukan
resultan vektor sebidang beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
4.3.1
Merancang langkah
kerja untuk menentukan resultan vector
4.3.2
Melalukan
percobaan untuk membuktikan formula resultan vektor
Kata kerja Operasional
No comments:
Post a Comment