Sunday 21 January 2018

RPP PROTISTA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                       
Satuan Pendidikan                              : SMAS
Mata Pelajaran                                    : Biologi
Kelas/Semester                                    : X/ 1
Materi Pokok                                      : Kingdom Protista
Alokasi Waktu                                    : 6 × 45 menit
Jumlah Pertemuan                               : 2 kali

A.       Kompetensi Inti
KI 1 dan 2
KompetensiSikap Spiritual yaitu, “Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya”. KompetensiSikapSosialyaitu, “Menunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, danpro-aktifsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertamenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia”.
KI 3
KI 4
3.  Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiridanmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
KompetensiDasar (KD)
No
KompetensiDasar (KD)
3.6
Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan

4.6
Menyajikan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
No
IndikatorPencapaianKompetensi
(IPK)
No
IndikatorPencapaianKompetensi
(IPK)
3.6.1
Menuliskan ciri-ciri umum protista
4.6.1
Membuat laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
3.6.2
Membandingkan ciri- ciri protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan dan protista  mirip hewan
4.6.2
Menampilkan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
3.6.3
Menentukan peran protista dalam kehidupan sehari-hari




C.    Tujuan Pembelajaran:

Melaluikegiatan pembelajarankooperatifdalammempelajarimateripokoktentang kingdom protistapeserta didikdapat mensyukuri makhluk ciptaan Tuhan, menunjukkan perilaku cermat, teliti, rasa ingin tahu, kerjasama, dan tanggung jawab, memiliki pengetahuan dalam mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan. Serta memiliki keterampilan dalam menyajikan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan.


D.    Materi Pembelajaran:
1.      Materi Fakta: Berbagai jenis protista  
2.      Materi Konsep:
  • Protista dibagi menjadi 3 fillum: Protista mirip hewan (Protozoa), Protista mirip tumbuhan (Alga) dan protista mirip jamur. 
  • Protista mirip hewan (Protozoa): merupakan kelompok protista yang bersifat heterotrof. Berdasarkan alat gerak dibedakan menjadi 4 kelas yaitu rhizopoda, cilliata, flagelata dan sporozoa    
  • Protista mirip






















-        tumbuhan (Alga): merupakan kelompok protista yang dapat melakukan fotosintesis karena memiliki pigmen fotosintetis. Berdasarkan pigmen warna alga dibedakan menjadi 4 kelas yaitu chlorophyta, rhodophyta, phaeophyta dan chrysophyta
-          Protista mirip jamur: dibedakan menjadi 3 kelas yaitu oomycota, myxomycota, dan acrasiomycota.

2.      Materi Prinsip
Ø  Kingdom protista merupakan kelompok eukariotik yang memiliki kemiripan dengan hewan, tumbuhan dan jamur.
Ø  Kingdom protista memiliki peran penting bagi kehidupan, salah satunya sebagai sumber makanan.
           
3.      Materi Prosedural
·         Klasifikasi protista
·         Siklus hidup protista


E.     Model Pembelajaran:
·         Discovery Learning (pertemuan 1)
·         Problem base learning (pertemuan 2)

F.     KegiatanPembelajaran:

  1. Pertemuan ke-1
No IPK
IPK
3.6.1
Menuliskan ciri-ciri umum protista
3.6.2
Membandingkan ciri- ciri protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan dan protista  mirip hewan


  1. Pertemuan ke-2
No IPK
IPK
3.6.3
Menentukan peran protista dalam kehidupan sehari-hari
4.6.1
Membuat laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
4.6.2
Menampilkan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan


Pertemuan 1

Sintaks
Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Stimulation
Guru menyajikan bahan kajian berupa gambar yang berkaitan dengan protista
30
Problem statemen
Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri protista dari gambar yang diberikan
Data collection
Peserta didik mencari dan mengumpulkan data atau informasi tentang ciri-ciri protista dari sumber lain
30
Data processing
Peserta didik mengelompokkan protista ke dalam kelas tertentu berdasarkan ciri-ciri yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar dan literasi pada sumber lain
25
Verification
Peserta didik membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk menganalisis ciri-ciri protista dan peranannya dalam kehidupan
30
Generalization
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi pada kegiatan pembelajaran tentang ciri-ciri protista dan peranannya dalam kehidupan
20


Pertemuan 2

Sintaks
Kegiatan
Alokasi Waktu (menit)
Mengorientasikan
Peserta didik mengamati permasalahan terkait peranan protista yang diamati pada teks
15
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
Peserta didik menyampaikan berbagai pertanyaan terhadap permasalahan terkait peranan protista
20
Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
Guru membimbing peserta didik untuk memperoleh data dalam rangka menjawab atau menyelesaikan permasalahan terkait peranan protista
30
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Peserta didik mengasosiasi data tentang permasalahan peranan protista yang diperoleh dari kegiatan sebelumnya dalam bentuk laporan
40
Menganalisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
·      Peserta didik mendiskusikan data berbagai peranan protista
·      Peserta didik menyimpulkan peranan protista bagi kehidupan
30


G.       SumberBelajar/Bahan Ajar/Alat
1.      Sumberbelajar:
·         BukuteksBiologi SMA/MA kelas X, Program peminatankelompokMatematikadanIlmu-ilmuAlam (MIPA), Bab 8.

2.      Media/Alat:
·         Komputer, Proyektor, Gambar Hewan Protista, fasilitas internet ( modem).


H.       Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian:
No.
Aspek
No. IPK
IPK
TeknikPenilaian
BentukPenilaian
1.
Pengetahuan
3.6.1
Menuliskan ciri-ciri umum protista

TesTertulis
Pilihan jamak dan uraian



3.6.2
Membandingkan ciri- ciri protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan dan protista  mirip hewan
TesTertulis
Pilihan jamak dan uraian



3.6.3
Menentukan peran protista dalam kehidupan sehari-hari
TesTertulis
Pilihan jamak dan uraian

2.
Keterampilan
4.6.1
Membuat laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
Penugasan
Lembar ceklist laporan


4.6.2
Menampilkan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
Kinerja
Lembar ceklist kinerja
3
Sikap

Aspek Sikap:
ü  Berdoa secara khusu’
ü  Bersyukur
ü  Cermat
ü  Teliti
ü  Rasa ingin tahu
ü  Jujur
ü  Kerjasama
Observasi
Jurnal

Instrumen Penilaian

Instrumen PenilaianKompetensiSikap:
Untuksikapakandilihatpesertadidik yang memilikisikap yang sangatpositifterhadapkelimasikap di atas, danhasilnyaakandicatatdalamjurnalsebagaiberikut;
TGL.
NO.
NAMA
CATATAN PENTING SISWA
(Bisapositifataunegatif)
KET.

1.



2.



3.



4.



Dst









Hasilpenilaiansikapdalamjurnalakandirekapdalamsatu semester dandiserahkankewalikelas, untukdipertimbangkandalampenilaiansikapdalamrapor (menunjangpenilaiansikapdari guru PAI dan guru PPKN)


Instrumen PenilaianKompetensiKeterampilan:

IPK
4.6.1 Membuat laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
     
Rubrik Penilaian Laporan

No.
Kelompok
Sistematika laporan
Penggunaan Bahasa
Penulisan atau Ejaan
Tampilan
Total Skor






















Indikator penilaian
1. Sistematika laporan: 1 = tidak baik; 2 = kurang baik; 3 = baik
2. Penggunaan bahasa: 1= tidak sesuai kaidah; 2 = kurang sesuai kaidah; 3 = sesuai kaidah
3. Penulisan atau Ejaan: 1 = tidak tepat atau banyak kesalahan; 2 = kurang tepat; 3 = tepat
4. Tampilan; 1 = tidak menarik; 2 = kurang menarik; 3 = menarik

Nilai: (Total Skor/ 12) x 100 %

No comments:

Post a Comment

Penilaian Harian Zat Aditif dan Adiktif

  A.    Pilihlah jawaban yang paling benar! 1.     Dalam suatu botol kemasan minuman tertuliskan bahwa komposisinya berupa air, fruktosa, ...