Monday 12 February 2018

Filum Platyhelminthes



FILUM PLATYHELMINTHES

FILUM PLATYHELMINTHES

Platyhelminthes atau sering juga disebut sebagai cacing pipih, mayoritas anggotanya bersifat parasit.
Platyhelminthes termasuk hewan triploblastik, yaitu memiliki tiga lapisan tubuh.
a.    Ciri-ciri Platyhelminthes
1.       Tubuh pipih, simetri bilateral, serta terdapat bagian anterior (depan) dan posterior (belakang)
2.       Bersifat triploblastik, artinya memiliki tiga lapisan jaringan embrional, yaitu epidermis, mesodermis, dan endodermis
3.       Ada yang hidup bebas dan parasit pada hewan atau manusia
4.       Belum memiliki rongga tubuh yang sebenarnya (aselomata)

b.    Reproduksi
Cacing pipih dapat berkembangbiak secara aseksual dan secara seksual. Secara aseksual dilakukan dengan membelah diri. Secara seksual dilakukan dengan perkawinan silang meskipum cacing pipih bersifat hermafrodit.

c.     Klasifikasi
Platyhelminthes terdiri dari tiga kelas, yaitu :
1)      Trematoda
Bersifat parasit pada hewan maupun manusia. Bentuk tubuh menyerupai daun,pipih, memiliki alat hisap bagian depan (anterior) dan alat hisap sisi perut (posterior). Saluran pencernaan tidak berkembang. Permukaan tubuh ditutupi kutikula tidak bersilia. Contoh : Fasciola hepatica, Clonorchis sinensis, Schistosoma haematobium (cacing darah), dan Paragonimus westermani (cacing paru-paru)

2)      Turbellaria
Bentuk tubuh pipih, seperti daun, dan tidak bersegmen. Habitat di air tawar yang jernih dan tenang. Bagian tepi tubuh ditutupi silia/rambut getar. Contoh : Planariansp (bersifat hermafrodit)

3)      Cestoda
Bentuk pipih memanjang seperti pita. Tubuh bersegmen-segmen, masing-masing segmen disebut proglotid. Dibagian anterior terdapat skoleks (kepala) yang dilengkapi dengan kait (rostellum) dan alat isap (sucker). Contoh : Taenia saginata (cacing pita sapi), Taenia solium (cacing pita babi), dan Echinococcus granulosus (parasit pada usus panjang)

d.    Peranan
Kebanyakan Platyhelminthes merugikan karena bersifat parasit. 

Berikut ini adalah PPT presentasi tentang Platyhelminthes

No comments:

Post a Comment

Penilaian Harian Zat Aditif dan Adiktif

  A.    Pilihlah jawaban yang paling benar! 1.     Dalam suatu botol kemasan minuman tertuliskan bahwa komposisinya berupa air, fruktosa, ...