Monday, 16 April 2018

BAGIAN-BAGIAN TELINGA DAN PROSES MENDENGAR


Alat indra pendengaran pada manusia adalah sepasang telinga. Di dalam telinga terdapat reseptor yang dapat mengenali getaran suara.
Struktur telinga
 


 Telinga manusia terdiri atas 3 bagian utama, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.
1.    Telinga luar
Telinga luar terdiri dari:
a.       Daun telinga (pinna) berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan getaran suara.
b.      Saluran telinga berfungsi membawa gelombang suara menuju gendang telinga. Di dalam saluran telinga terdapat rambut-rambut halus yang berfungsi mencegah benda-benda asing masuk ke dalam telinga. Selain itu juga terdapat kelenjar lilin yang menyekresikan cairan semacam lilin (serumen), yang berfungsi menjaga agar permukaan saluran telinga ataupun gendang telinga senantiasa lembab.
c.       Gendang telinga berfungsi mengankap getaran suara dan meneruskannya ke telinga tengah.
2.    Telinga tengah
Telinga tengah merupakan sebuah rongga yang berisi udara dan terdapat saluran Eustachius yang berfungsi menjaga keseimbangan tekanan di dalam faring. Di dalam telinga tengah terdapat bagian-bagian :
a.       Gendang telinga (membran timpani)
b.      Tulang-tulang pendengaran, yaitu martil (maleus), tulang landasan (incus), dan tulang sanggurdi (stapes). Ketiga tulang pendengaran tersebuut berfungsi meneruskan gelombang bunyi ke bagian telinga dalam.
c.       Saluran Eustachius, yaitu saluran penghubung antara ruang telinga dengan rongga faring.
3.    Telinga dalam (labirin)
Labirin terdiri atas dua bagian, yaitu labirin tulang dan labirin selaput. Di dalam labirin tulang terdapat serambi (vestibulum), saluran gelung (kanalis semisirkularis) dan rumah siput (koklea)

Mekanisme mendengar
Getaran suara - saluran telinga – gendang telinga – tiga tulang pendengaran-jendela oval – saluran vestibuli – membran Reissner  dan endolimfe – membran basiler – saraf sensori – membran tektorium - saraf auditori – otak – suara.
 



No comments:

Post a Comment